Kamis, 20 Januari 2011

Warga Desa Dedai Ancam Ambil Alih Lahan

SINTANG, TRIBUN - Kesal dengan proses penyelesaian sengketa lahan yang tiadak akhir, masyarakat Desa Baras Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. berencana melakukan reklaiming lahan mereka. Selama ini, lahan tersebut dikelola perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Wahana Plantation and Product (PT WPP).
 
Juru bicara masyarakat DesaBaras, Riky, kepadaTribun, Rabu (19/1/11) mengatakan, masyarakat sudah jauh-jauh hari menyetujui bersama untuk mengambil alih lahan tersebut. Sebab mereka yakin Pemkab Sintang tidak akan berpihak kepada mereka.
 
"Besok (Kamis) masyarakat mengadakan pertemuan dengan 16 desa lain di Dedai untuk melakukan penolakan terhadap sawit, bersama Komnas HAM, Walhi dan Gemawan. Setelah itu masyarakat akan lansung mematok tanah mereka masing-masing," ungkapnya kepada Tribun.
 
Setelah itu masyarakat akan segera mengajukan perkara sengketa lahan dengan PT WPP tersebut ke jalur hukum melalui Pengadilan Negeri Sintang. Mereka menutut agar perusahaan perkebunan tersebut dicabut ijinya dan tidak lagi beroperasi. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar